Press "Enter" to skip to content

Karakteristik Peralatan Tenis Meja

0

Dalam bermain tenis meja tentu kita harus memerhatikan apa saja spesifikasi yang ada dalam tenis meja tersebut. Net di tengah yang membagi tabel menjadi dua pengadilan yang sama juga memiliki spesifikasi. Terdiri dari net itu sendiri, klem yang menahan net ke atas meja, dan tiang penyangga dan suspensi yang menjaga net terbentang lurus karena ujung bawah dan ujung atas menempel pada tiang penyangga.  Ketinggian resmi untuk jaring tenis meja ditetapkan pada 15,25 cm atau 6 inci. Net ini juga dapat menggantung di atas meja 15,25 cm (6 inci) di kedua sisi. Akhirnya, net seharusnya hampir menyentuh permukaan bermain; pastikan bahwa bagian atas jaring adalah 15,25 cm (6 inci) di atas permukaan meja.

Hasil gambar untuk peralatan tenis meja

Karakteristik Bola. Bola harus memiliki massa 2,7 gram atau 0,095 ons. Dan bola harus memiliki diameter 40 milimeter atau 1,57 inci. Perhatikan bahwa diameter ini digunakan berbeda; hanya dari Olimpiade Musim Panas tahun 2000 bahwa ukuran bola standar dibuat menjadi 40 milimeter. Sebelum itu, bola awalnya 38 milimeter, yang berarti bahwa hasil yang dibuat dengan bola yang lebih kecil ini secara signifikan lebih cepat dan berputar lebih banyak.

Gambar terkait

Standar lain untuk bola tenis meja resmi adalah bola harus melambung sekitar 24 hingga 26 cm di udara ketika jatuh dari ketinggian 30,5 sentimeter pada blok baja standar. Memenuhi kriteria ini berarti bola memiliki koefisien restitusi sebesar 0,89 hingga 0,92. Koefisien restitusi mengacu pada seberapa banyak energi elastis yang tersisa setelah satu pantulan. Jadi nilai 0,92 akan berarti bahwa dari ketinggian awal, bola jatuh dan memantul kembali hingga 92% dari ketinggian awal. Elastisitas sempurna, nilai 1, berarti bola memantul kembali ke nilai ketinggian awal.

Bola harus terbuat dari plastik seluloid, berwarna putih atau oranye, dengan finishing matte. Pilihan warna bola dibuat untuk membuat bola lebih terlihat saat bermain game, mengingat bahwa putih dan oranye adalah warna yang paling menonjol dari warna lain di lingkungan permainan game. Jumlah bintang pada bola tenis meja menunjukkan kualitas, di mana 3 bintang menunjukkan kualitas terbaik. Tetapi ini adalah standar arbitrer yang dikembangkan oleh produsen. Dalam kompetisi resmi, ITTF menggunakan bola mereka sendiri yang disetujui dengan “ITTF” yang dicetak pada bola itu sendiri.

Gambar terkait

Karakteristik Paddle / Racket. Raket kayu dilaminasi digunakan, ditutupi dengan karet pada satu atau kedua sisi tergantung pada gaya pegangan yang digunakan pemain. Bagian kayu dari raket sering disebut sebagai “pisau”. Dengan standar ITTF, setidaknya 85% dari pisau dengan ketebalan harus terbuat dari kayu alami. Pisau tenis meja biasanya terbuat dari kayu balsa, limba, dan cypress (hinoki). Ukuran rata-rata pisau dayung adalah 17 cm (6,7 inci) panjang dan 15 sentimeter (5,9 inci) lebar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *