Press "Enter" to skip to content

Kenali Penyebab Keputihan Gatal Mulai Sekarang Sebelum Terlambat

1

Keputihan memang kerap terjadi dan dialami oleh semua wanita. Karena pada hakikatnya, keputihan yang normal sangat berfungsi sebagai pelindung dan pembersih vagina. Namun apa yang terjadi jika keputihan tersebut berlebihan, tidak normal atau terasa gatal? Nah jika sudah demikian, anda perlu mengetahui apa sebenarnya penyebab keputihan tidak normal dan apa penyebab keputihan gatal.

Sebagian dari Anda juga mungkin sudah mengetahui bahwa ada dua jenis keputihan, yakni keputihan normal dan keputihan abnormal. Ciri keputihan abnormal yaitu terlalu kental, berwarna hijau atau kecoklatan, dapat menyebabkan bau tidak sedap bahkan mengakibatkan gatal pada organ reproduksi wanita.

Maka dari itu daripada keputihan tersebut mengganggu dan membuat tidak nyaman, yuk kenali penyebab keputihan gatal agar nantinya Anda bisa mengobatinya dengan tepat.Ada 2  (dua) faktor yang menjadi penyebab keputihan gatal antara lain :

  1. Penyebab keputihan gatal karena faktor infeksi.
  2. Infeksi jamur

Jamur yang dapat menjadi penyebab keputihan gatal yaitu jamur Candida Albicans. Menurut buku Menjaga Organ Intim karya dr. Maria Dwikarya, DSKK, jamur ini ada dalam dalam tubuh manusia. Yaitu dari rongga mulut, kerongkongan, saluran, pencernaan, usus besar dan dubur.

Bila jumlahnya normal, jamur ini berperan dalam proses pembusukan sisa-sisa makanan. Namun bila bermigrasi ke organ intim dan tumbuhnya berlebih, maka kehadirannya bisa menimbulkan peradangan di vagina. Adanya jamur ini biasanya sering disertai dengan rasa keputihan gataldisekitar labia mayora dan minora

Pertumbuhan jamur Candida akan lebih subur jika si wanita berada dalam kondisi hamil, kegemukan, diabetes, dan terlalu banyak minum antibiotika.

  1. Infeksi bakteri

Penyebab keputihan gatal selanjutnya adalah bakteri. Bakteri ini berukuran mikro yang mempunyai berbagai macam bentuk, yakni basil berbentuk batang, kokus (coccus) berbentuk bulat, dan spirochaeta berbentuk spiral.

Ketiganya secara kebetulan dapat ditemukan pada kelainan organ intim yang tidak bermasalah. Keluhan yang terjadi pada pria dan wanitapun berbeda, misal gatal atau nyeri.

  1. Infeksi bacterial vaginosis

Bacterial vaginosis merupakan infeksi pada vagina yang disebabkan oleh anaerob yang jumlahnya tidak seimbang.

  1. Infeksi Trichomonias

Infeksi Trichomonias adalah infeksi yang disebabkan oleh protoza atau organisme bersel tunggal yang mana dapat menyebabkan keputihan berwarna hijau, kuning bahkan berbau tidak sedap. Peradangan dan gatal juga merupakan gejala yang biasa muncul karena infeksi ini. Kontak seksual dan pemakaian handuk secara bergantian dapat menjadi media penularan infeksi trichomonias.

  1. Penyebab keputihan gatal karena faktor lain :
  2. Iritasi

Iritasi adalah kulit meradang, merah, terasa gatal, panas, perih, dan bengkak. Peradangan ini dapat terjadi karena banyak keringat, terlambat mandi, gesekan baju ketat dan garukan kuku.

  1. Menopause

Biasanya wanita yang berumur 50 tahun keatas akan mengalami masa menopause. Wanita yang tengah mengalami masa menopausepun biasanya akan timbul rasa gatal pada organ kewanitaannya. Rasa gatal itu muncul akibat penurunan kadar estrogen, sehingga menyebabkan vagina kering.

  1. Stress

Entah itu stress fisik (kelelahan) maupun stress emosional dapat menyebabkan iritasi pada vagina dan timbulnya rasa gatal. Karena sistem kekebalan tubuh yang melemah karena stress akan rentan terhadap infeksi yang menjadi faktor penyebab keputihan gatal.

Kurangi ketidak nyamanan pada masalah keputihan dengan mengenali penyebab keputihan gatal.Perhatikanlah kesehatan pada organ vital dan jagalah  kebersihannya dengan teratur mencucinya.

Hindari iritasipada organ kewanitaan dengan menggganti celana ketika sudah lembap. Gunakan celan yang berbahan dasar katun serta hindari penggunaan celana yang terlalu ketat. Bersihkan vagina dari depan ke belakang setelah buang air untuk menghindari masuknya bakteri menuju vagina dan kurangi infeksi terkena jamur dengan mengonsumsi yogurt.

berikut ada beberapa tips untuk wanita dan keluarga anda :

Kenali Penyebab Keputihan Gatal
Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil Untuk Menjaga Kesehatan Ibu Dan Bayi
Resep Makanan Sehat Untuk Diet Menurunkan Berat Badan
Resep Makanan Sehat Untuk Anak

Cegahlah keputihan abnormal, salah satunya dengan mengenali penyebab keputihan gataltersebut. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *