Press "Enter" to skip to content

Destinasi Wisata Gunung Bromo

0

Gunung Bromo adalah salah satu nama gunung berapi aktif yang ada di Indonesia. Gunung ini terakhir tercatat mengepulkan abu vulkanik pada tahun 2015 lalu. Gunung ini memiliki ketinggian lebih dari 2300 meter di atas permukaan air laut. Gunung Bromo berada di Propinsi Jawa Timur tepatnya di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang dimiliki oleh empat wilayah kabupaten yang berbeda yaitu kabupaten Pasuruan, kabupaten Probolinggo, kabupaten Lumajang dan juga kabupaten Malang.

Bagi para pecinta wisata, gunung bromo tentu tak asing lagi sebagai salah satu tujuan yang paling sering dikunjungi. Memang, gunung bromo juga menjadi salah satu maskot andalan bagi wisata Jawa Timur selain jembatan suramadunya. Nah, sebenarnya apa sih yang menarik dari gunung bromo dari pada hanya sekedar gunung seperti kebanyakan yang lainnya? Yuk kita simak ulasan tentang objek wisata gunung bromo di bawah ini;

  1. Wisata Penanjakan

Inilah salah satu spot yang paling ramai saat para wisatawan mengunjungi gunung bromo untuk berlibur. Dari atas ketinggian penanjakan gunung bromo ini para pengunjung bisa menyaksikan fenomena alam matahari terbit yang dinilai sebagai salah satu sunrise atau matahari terbit yang paling indah yang ada di Indonesia. Lokasinya berada di sebalah barat dari gunung bromo. Lokasi ini memang titik paling tinggi dari gunung bromo. Selain bisa menyaksikan sunrise, dari titik ini pengunjung juga bisa melihat kemegahan gunung Semeru yang berada dalam satu lokasi Taman Nasional dengan gunung bromo saat melakukan paket wisata bromo.

  1. Lautan Pasir Hitam dan Kawah Bromo

Ciri khas gunung bromo yang tak ada duanya adalah lautan pasir berwarna hitam yang menghampar seluas 10 km persegi yang mengelilingi gunung bromo. Lautan pasir ini sangat terkenal karena mitosnya yang telah menyebar yaitu adalah adanya bisikan dari pasir yang jika seseorang berdiri di tengah lautan pasir ini. Nah, untuk menikmati pemadangan dari titik ini, pengunjung bisa menyewa jeep atau juga bisa menyewa kuda. Selain untuk menikmati pemandangannya, jeep ataupun kuda juga sangat penting karena untuk bisa sampai pada penanjakan yang mengarah ke gunung bromo harus melewati lautan pasir yang sangat tebal dan tak mungkin dilewati hanya dengan mengendara sepeda motor saja.

Nah, kawah bromo ini memiliki lebar 800 meter yang sesekali mengepulkan asap. Jika pengunjung menaiki penanjakan yang memiliki kurang lebih 200 anak tangga, akan ada tugu pandang yang dari sini mereka bisa melihat kawah gunung bromo dari radius yang aman. Bisa dibilang tidak aman karena kawah gunung bromo sesekali masih mengepulkan belerang yang bisa membahayakan pernafasan.

  1. Padang Savana

Lokasi dari perbukitan rendah ini berada di sebelah timur gunung bromo dan sering disebut dengn bukit teletubis. Jika adan melakukan bromo trip, jangan lupa mencantumkan padang savana atau bukit teletabis ini dalam daftar kunjungan karena lokasi ini adalah spot paling instagramabel yang ada di gunung bromo.

  1. Pura Poten

Pura ini berada di bawah kaki gunung bromo dan akan melawati pura ini sangat akan menaiki tanjakan yang menuju ke kawah gunung bromo. Pura ini sering digunakan sebagai tempat sembahyang adat dan upacara Kasada yang dilakukan oleh suku Tengger yang merupakan penduduk asli yang mendiami desa di sekitar gunung bromo.

Nah, keempat lokasi wisata gunung bromo ini memang tak boleh terlewatkan saat anda melakukan trip bromo. Demikian adalah ulasan tentang paket bromo murah yang bisa anda jadikan rujukan. Terimakasih dan selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *