Press "Enter" to skip to content

Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil Untuk Menjaga Kesehatan Ibu Dan Bayi

1

Sebagian dari kamu mungkin masih sedikit tidak percaya bahwa seseorang yang sedang hamil bisa mengalami keputihan.Namun hal ini sebenarnya  sangat mungkin terjadi. Justru saat sedang hamil keputihan malah akan sering muncul karena meningkatnya kadar estrogen.  Lalu adakah cara mengatasi keputihan saat hamil?

Namun sebelum langsung mengetahui apa saja cara yang bisa anda lakukan, anda juga sebaiknya mengetahui bahwa ada keputihan yang tidak akan memberikan efek apapun bagi ibu hamil dan sang janin, ada  juga yang perlu anda waspadai karena bisa memberikan dampak tertentu. Dampkanya bisa berupa menyebabkan rasa sakit pada daerah kewanitaan, serta ada juga keputihan yang bisa berbahaya pada janin.

Bahaya keputihan saat hamil yang bisa terjadi pada bayi antara lain dapat menyebabkan kelahiran prematur, ketubahan pecah, berat badan bayi rendah, persalinan prematur, radang otak pada bayi, meningkatkan risiko penyakit ayan, gangguan pencernaan dan pernafasan bayi dan infeksi mata hingga kebutaan.

Nah, untuk bisa mencegah halbuk dan berbahaya tadi terjadi untuk Anda atau keluarga, berikut ada beberapa cara mengatasi  keputihan saat hamiluntuk kesehatan Ibu dan bayi yang bisa dicoba:

  1. Pastikan Air yang Anda Gunakan Bersih

Jika anda sering menggunakan tpilet umum, cek terlebih dahulu apakah air yang ada ditoilet tersebut bersih atau tidak. Hal ini dikarenakan air yang kotor mengandung banyak sekali kuman penyebab keputihan tidak normal.

  1. Hindarilah Pemakaian Celana Dalam Berbahan Sintesis

Selain menghindari bahan tersebut,cara mengatasi  keputihan saat hamil yang juga sebaiknya Anda lakukan ialah  tidak menggunakan celana dalam yang terlalu ketat. Alangkah baiknya menggunakan celana dalam berbahan dasar katun agar mengurangi tingkat kelembaban.

  1. Sesering Mungkin Mengganti Celana Dalam

Baju yang kmu gunakan saa harus diganti setiap hari bukan? Apalagi dalaan yang bersentuhan langsung dengan organ kewanitaanmu.Jangan menggunakan celana dalam terlalu lama atau berkali-kali tanpa dicuci, apalagi menunggu mengganti hingga celana dalam kotor.

  1. Sebisa Mungkin Menghindari Penggunaan Pantyliner

Cara mengatasi keputihan saat hamil selanjutnya adalah dengan mengurangi penggunaan panty liner karena dapat membuat area kewanitaan menjadi lembab dan memungkinkan jamur berkembang biak. Kalaupun harus mneggunakannya karena kondisi tertentu, sebaiknya  Anda menggantinya setiap beberapa jam sekali.

  1. Mengurangi Makanan yang Terlalu Manis

Untuk orang yang sedang tidak hamil saja,mengonsumsi makanan yang terlalu manis tidak terlalu disarankan. Selain makanan terlalu manis, Anda juga sebaiknya menghindari makanan atau minuman yang  memmiliki kandungan kafein.

  1. Kurangi Penggunaan Sabun atau Cairan Antiseptic

Anda yang memiliki kebiasaan menggunkaan cairan antiseptic setiap kali membersihkan organ kewanitaan akan merasa sedikit risih awalnya. Namun, demi kehamilan dan janin, sebaiknya Anda tidak lagi terlalu sering menggunakannya mulai saat ini.

  1. Jangan Mengkonsumsi Obat Keputihan Tanpa Resep Dari Dokter

Selain obat yang digunakan langsung, kini ada juga obat keputihan yang bisa diminum. Namun, sebaiknya Anda tidak langsung menggunakannya jika tidak mendapatkannya melalui resep dokter. Anda harus mengingat bahwa seorang ibu hamil memiliki kondisi tertentu yang berbeda dengan orang biasa.

Mengatasi keputihan saat hamil disamping dapat mengurangi ketidaknyamanan sang ibu, juga dapat mencegah berbagai bahaya bagi si bayi.Ada banyak bahaya kesehatan yang ditimbulkan akibat keputihan, lalu sebenarnya apa sih penyebab keputihan pada ibu hamil? Mari kita telusuri, apa saja penyebabnya keputihan berlebihan pada ibu hamil :

  1. Infeksi Jamur pada Organ Intim
  2. Infeksi dari bakteri Vagionosis
  3. Infeksi akibat Penyakit Menular Seksual
  4. Infeksi Leukorrhea

Nah, setelah Anda mengetahui apa saja penyebab hingga cara mengatasi  keputihan saat hamiltadi, semoga Anda tidak lagi merasa bingung atau was-was dengan keadaan yang saat ini sedang dialami. Bukankah cara yang disebutkan tadi juga sangat mudah? Selamat mencoba. Dan kunjungi juga http://ronaldaraujo.net/gamis-jumbo-model-polos/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *