Press "Enter" to skip to content

Bagaimana Cara Menghilangkan Keputihan Dengan Daun Sirih? Yuk Simak

0

Keputihan tentu bukan lagi masalah yang baru dan asing bagi wanita.Keputihan juga memiliki istilah lain berupa Fluor Albus, yang merupakan sekresi vaginal pada wanita. Keputihan sendiri terbagi menjadi dua golongan, yaitu keputihan normal (fisiologis) yang biasa terjadi setiap bulannya dan keputihan abnormal (patalogis) yang dapat disebabkan oleh infeksi.

Keputihan patalogis biasanya muncul dengan disertai rasa gatal, cairan keputihan berwarna kuning atau hijau, dan bau yang menyengat. Keputihan patalogis sendiri dapat diatasi dengan cara menghilangkan keputihan dengan daun sirih. Daun sirihatau dalam bahasa latinnya piper betle ini sejatinya sudah digunakan oleh nenek moyang terdahulu secara turun temurun. Penggunaan daun sirih selain untuk kesehatan gigi dan kecantikan juga dapat digunakan sebagai obat ramuan untuk menghilangkan keputihan.

Khasiat daun sirih dalam menghilangkan keputihan pernah sudah diuji secara klinis oleh Amir Syarif dari bagian farmakologi Universitas Indonesia (UI). Tidak hanya UI, bersamaIr. Nuri Andarwulan, Msi dan kawan-kawannya dari Fakultas Teknologi Pertanian IPB (Institut Pertanian Bogor) juga melakukan penelitian terhadap daun sirih untuk memproduksi zat antioksidan.

Daun sirih mengandung beberapa zat dan ragam senyawa kimia berupa minyak terbang (betlephenol), minyak atsiri, pati, seskuiterpen, diatase, zat samak, gula dan kavikol yang diperlukan untuk membuat ramuan herbal yang sangat bermanfaat. Kavikol dan zat samak juga berfungsi untuk mematikan kuman anti jamur.

Karena daun sirih mengandung kavikol yang dapat mematikan jamur dan kuman, maka cara menghilangkan keputihan dengan daun sirih memang terbukti ampuh. Tapi bagaimana sih caranya?

Nah, bagi Anda yang belum pernah menggunakan daun sirih sebagai ramuan herbal untuk menghilangkan keputihan, simak yuk beberapa cara menghilangkan keputihan dengan daun sirih :

  • Ambillah 10 lembar daun sirih lalu cuci hingga bersih
  • Ambil air sebanyak 250 ml
  • Rebus daun sirih dengan air tersebut hingga mendidih
  • Saat air rebusan daun sirih tersebut masih hangat, gunakan untuk mencuci organ kewanitaan Anda
  • Lakukan beberapa kali sehari hingga keputihan membaik atau kembali normal.

Dalam pengobatannya, cara menghilangkan keputihan dengan daun sirih ada 2 macam, yaitu :

  1. Pengobatan dari luar

Cukup oleskan pada permukaan organ vital wanita dengan air rebusan daun sirih atau basuh vagina dengan rebusan daun sirih. Pengobatan dari luar dengan daun sirih ini sangatlah bermanfaat bagi kesehatan organ kewanitaan yang gatal, dapat mecegah bau tidak sedap pada vagina, mengencangkan organ vital kewanitaan serta menghilangkan keputihan.

  1. Pengobatan dari dalam

Selain pengobatan dari luar, cara menghilangkan keputihan dengan daun sirihpun dapat dilakukan dari dalam. Caranya, rebuslah daun sirih kemudian minumlah air rebusan daun sirih tersebut sehari sekali. Mengonsumsi rebusan air daun sirih ini juga bisa membantu menjaga daya tahan tubuh Anda lho.

Kini, setelah Anda mengetahui bagaimana cara menghilangkan keputihan dengan daun sirih, Anda bisa memilih cara yang mana saja. Boleh dengan pengobatan dari luar bagi yang tidak suka dengan daun sirih, dan bisa juga pengobatan dari dalam. Atau anda bisa memilih cara pengobatan dua-duanya. Satu hal yang terpenting ialah sebaiknya Anda tidak menggunakan kedua cara tersebut secara berlebihan.

Meski telah menggunakan keputihan dengan daun sirih, Anda juga tetap perlu menjaga kebersihan dan selalu gunakan air bersih untuk menjaga organ kewanitaan. Jangan lupa pula untuk selalu mengganti celana dalam jika sudah lembab, serta kurangi penggunaan sabun antiseptik secara berlebihan pada organ kewanitaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *